Minggu, 28 Juni 2015

#ERPUAS01 Transaksi antara PT Beringin Makmur Sedaya (PT BMS) dan PT Flamingo (PT FLA)



Selamat siang teman-teman,

Pada kesempatan kali ini, kami akan share mengenai transaksi yang telah kami lakukan dengan PT Flamimgo.
 
Transaksi yang akan dibuat adalah transaksi pembelian sejumlah CPU yang sekarang ini jumlahnya sudah semakin menipis, CPU ini dibeli dari PT Flamingo. Adapun kebutuhan CPU yang dibeli adalah:
AV3700 – ACER VERITON 3700 GX  5 PCS
DS620 – DELL GX620 SLIM 2 PCS
DT745 – DELL GX745 TOWER 2 PCS
Setelah merinci kebutuhan CPU yang akan dibeli, selanjutnya purchase kami membuat Request for Quotation (Doc : RFQ PO 002) untuk mengetahui harga update / terakhir yang digunakan oleh PT Flamingo. Document RFQ PO002 ini kemudia dikirim kepada sales PT Flamingo, sebagai berikut :
 
Dengan document RFQ PO002 sebagai berikut :
 
Tidak lama berselang, sales dari PT Flamingo langsung memberikan feedback mengenai update harga (Quotation) untuk item-item yang diminta. Emailnya sebagai berikut :
Dengan document quotation dari PT Flamingo adalah sebagai berikut :

Dari Quotation yang diberikan kemudian purchase kami mengirimkan Konfirmasi Order PO002 dan dikriim by email ke PT Flamingo, sebagai berikut :
Dengan document PO002 sebagai berikut :
 
Bisa terlihat dari Konfirmasi order yang diberikan dengan nama document PO00002, barang yang dipesan diharapkan sudah bisa diterima oleh PT Beringin Makmur Sedaya pada tanggal 29 Juni 2015, tetapi jika PT Flamingo bisa mengirimkan lebih cepat dari tanggal tersbut, itu lebih baik. Dan jumlah harga dari pembelian yang dilakukan adalah sebesar Rp 17.950.000,00.

Beberapa hari kemudian PT Flaminggo mengirimkan barang yang telah dipesan oleh PT Beringin Makmur Sedaya sesuai dengan PO002. Dengan delivery order sebagai berikut :
Dengan document Delivery Order WH/OUT/003 dari PT Flamingo adalah sebagai berikut :
 
Di hari yang sama juga, karena PT Beringin Makmur Sedaya telah menerima secara lengkap dan baik barang berdasarkan PO 002 dari PT Flamingo, kami langsung membuat GRN (Good Receipt Notes) untuk diberikan PT Flamingo sebagai dasar pembuatan invoice, dan bukti kepada finance kami bahwa barang dari PO 002 tersebut telah diterima di warehouse PT Beringin Makmur Sedaya dalam kondisi yang baik dan jumlah yang sesuai pada PO 002. Berikut email pengiriman GRN ke supplier PT Flamingo :
Adapun dokumen bukti penerimaan barang WH/IN/002 adalah sebagai berikut :
Setelah bukti penerimaan barang telah diterima PT Flaminggo, kemudian PT Flamingo memberikan tagihan pembayaran atas barang-barang yang telah dikirim kepada PT Beringin Makmur Sedaya berdasarkan PO 002 dengan email dari PT Flamingo adalah sebagai berikut :
 
Adapun document invoice yang diberikan dari PT Flamingo Invoice SAJ/2015/002 adalah sebagai berikut :
 
Karena tagihan pembayaran telah diberikan oleh PT Flamingo, selanjutnya bagian finance kami yang bertanggung jawab atas pembayaran yang akan dilakukan terhadap PO002, sebagai berikut :
 

 Dengan document bukti pembayaran EXJ/2015/001, sebagai berikut :



Setelah pembayaran telah dilakukan oleh PT Beringin Makmur Sedaya kepada PT Flamingo, ini menandakan lenhkap sudah transaksi pembelian antara PT Beringin Makmur Sedaya dan PT Flamingo.
Untuk proses transaksi secara lengkapnya, bisa dibuka pada link berikut ini :
https://www.dropbox.com/s/5zafrrcnyksp3vy/Transaksi%20Kelompok%20PT%20BMS%20dan%20PT%20FLA.pdf?dl=0


Sincerely,
PT Beringin Makmur Sedaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar